Friday 12 February 2016

Cara Mencari Ide Bisnis Kreatif dan Langkah – Langkah Memulai Bisnis Kreatif.

Bisnis kreatif di Indonesia sungguh luar biasa, mulai dari dunia intertain sampai produk hand made dengan branded lokal, mampu menembus pasar internasional. Modal utama dari bisnis kreatif adalah sebuah ide yang memiliki nilai bisnis atau komersil yang terlintas di pikiran dan perlu sedikit keberanian untuk merealisasikan ide tersebut. Mewujudkan sebuah ide memang tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal – hal lain yang harus di upayakan untuk menopang terwujudnya ide - ide tersebut.

Ide – ide kreatif bisa di dapat di mana saja dan kapan saja, dan jangan sampai ide bisnis yang pernah terlintas di benak pikiran kita terlewatkan begitu saja. Contoh ide kreatif sederhana.
1.       Sandal jepit rumahan yang di lukis dengan motif unik dengan menggurat bantalan sandal.
2.       Membangun bisnis jual beli online lokal dengan sistem COD.
3.       Mendaur ulang limbah elektronik menjadi kerajian tangan.
4.       Membuat vektor unik untuk desain kaos.
5.       Membuat tamplete blog.
6.       Tas unik dari gelas minuman ringan.
7.       Asbak unik dari akar pohon.
8.       Lampu hias dari limbah kaca.
9.       Ide kreasimu sendiri..............



Tentunya masih banyak lagi ide kreatif lainnya dari para pembaca untuk dapat di olah sesuai kreasi masing – masing, sehingga memiliki nilai komersil. Semangat dan konsistensi dalam membangaun sebuah ide kreatif akan menjadikan ide kreatif tersebut menghasilkan pendapatan yang jumlahnya tergantung dengan keinginan pembaca, Apabila menginginkan penghasilan yang luar biasa dari ide kreatif tentunnya perlu keseriusan dan strategi marketing yang baik sehingga produk ide kreatif tersebut dapat diterima pasar.

Langkah – langkah awal yang harus dilakukan setelah mendapatkan ide kreatif adalah.
1.       Menganalisa kondisi market apakah dapat menerima bisnis kreatif anda.
2.       Menentukan target pasar.
3.       Menganalisa resiko bisnis.
4.       Mendata ketersediaan bahan di daerah anda.
5.      Mendata ketersediaan sumber daya manusia yang dapat diajak kerjasama dalam menghasilkan produk kreatif anda.
6.       Membuat strategi pemasaran.
7.       Mendata potensi market yang dapat dijadikan patner bisnis dalam memasarkan produk anda.

Setelah semua langkah telah dilakukan selebihnya insting bisnis anda yang secara otomatis akan mengarahkan anda dalam mengembangkan bisnis kreatif tersebut dan membangunnya lebih besar. Tren pasar dan keinginan pasar tentunnya tidak dapat di abaikan dalam menjalankan bisnis kreatif, tolak ukur dari bisnis kreatis sendiri adalah dari keinginan pasar tersebut. Setelah anda mulai menjalankan bisnis tersebut anda akan menemukan hal – hal baru dalam bisnis kreatif yang akan menambah pengetahuan anda dan mengembangkan pengetahuan tersebut menjadi strategi dan rahasia bisnis anda untuk dapat bersaing di pasar lokal maupun pasar global.

Pangsa pasar lokal sangatlah besar, dengan lebih dari 250 juta penduduk indonesia merupakan potensi bisnis yang cukup besar, jangan pernah patah arang dengan banyak bisnis kreatif Indonesia yang lebih dulu hadir sebelum anda, Bisnis Kreatif adalah bisnis yang mengedepankan sebuah nilai kreatifitas dan seni mengolah sebuah kreatifitas. Persaingan pasar bukanlah sebuah hambatan karena pangsa pasar Indonesia yang tinggi tidak akan membuat bisnis anda tenggelam begitu saja.

Semoga artikel ini dapat membantu menumbuhkan semangat anda untuk tetep konsisten membangun bisnis anda, semoga bermanfaat dan salam sukses.



SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: